PRESS RELEASE: FORUM DISKUSI II


Purwokerto – Selasa, 12 November 2019 telah dilaksanakan kegiatan Forum Diskusi II yang merupakan salah satu Agenda Kultural Devisi Adkesma HMPSIG. Dalam kegiatan ini, membahas mengenai salah satu zat makro yaitu karbohidrat dengan tema “Apakah Karbohidrat Bikin Gemuk?”. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 16.00 – 18.00 WIB yang bertempat di ruang C.203 llmu Gizi Unsoed. Jumlah peserta yang hadir adalah 27 orang yang terdiri dari mahasiswa 2017, 2018, dan 2019. Dan pemateri yang mengisi acara ini adalah Bu Pramesthi Widya Hapsari, S.KM., M. Gizi.



Kegiatan ini diawali dengan pengenalan forum diskusi dan bagaimana sistem forum diskusi ini. Lalu peserta diberikan pengenalan terlebih dahulu mengenai karbohidrat dan dilanjutkan dengan pengenalan topic melalui video yang berisi pengalaman dan pandangan seseorang ketika mengonsumsi karbohidrat. Diakhir video terdapat 3 pertanyaan untuk memulai diskusi, yaitu 1. Benarkah karbohidrat membuat gemuk, 2. Bisa tidak manusia tetap hidup tanpa karbohidrat, dan 3. Apa efek jika tidak memakan karbohidrat.Setelah itu, peserta dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok pro dan kontra. Kedua kelompok mengemukakan argumen masing-masing jawaban masing-masing mengenai diet ini. Dan terjadilah diskusi dalam kegiatan ini. Setelah diskusi berlangsung selama 30 menit, diakhir acara bu Esti memberikan closing statement mengenai kebenaran apakah karbohidrat membuat gemuk ini.



Kesimpulan dari diskusi ini adalah, bahwa bahwa karbohidrat memang dapat menyebabkan kegemukan apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak seimbang dengan energi yang dikeluarkan. Yang menyebabkan karbohidrat tersebut akan langsung disimpan di dalam tubuh untuk dijadikan cadangan energy. Cadangan energy ini tersimpan di dalam tubuh dalam bentuk lemak. Namun, manusia tetap membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Karena karbohidrat merupakan cadangan energi utama dan otak hanya bisa disuplai dari glukosa, yang merupakan kelompok monosakarida dari karohidrat. Apabila anda tidak mau gemuk, harus mengatur porsi makan sesuai dengan kebutuhan, menerapkan pola hidup sehat, dan memerhatikan porsi akan serta berolahraga yang rutin, untuk mendapatkan tubuh ideal.

Komentar