PRESS RELEASE : TABLE MANNER "“Be The First to Experience a Tasteful of Manners"



Purwokerto-Minggu, 13 Mei 2018 telah dilaksanakan kegiatan Table Manner  yang bekerja sama dengan Aston Imperium Hotel Purwokerto dengan menugusung tema “Be The First to Experience a Tasteful of Manners” . Adapun rangkaian kegiatan yang termasuk di dalamnya, yaitu table manner course, making ice coffee demonstration, making bed demonstration, lunch with western set menu, dan hotel tour. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.00-15.30 WIB yang bertemat di ruang pertemuan Kresna Aston Imperium Hotel Purwokerto. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 45 orang terdiri dari mahasiswa Ilmu Gizi Unsoed angkatan 2015, 2016, dan 2017 serta dosen pendamping, yaitu Bu Afina Rachma Sulistyaning, S.Gz., M.Sc dan Pak Ibnu Zaki, S.Gz., M.Gizi.


Pelatihan table manner ini melibatkan empat pelatih yang dihadirkan oleh  Aston Imperium Hotel Purwokerto, yaitu Pak Paminta Nugraha selaku General Manager pada materi pelatihan table manner, Bu Qory Chayaningrum selaku staff Sangria Lobby and Longue Bar pada pembuatan ice coffee, Pak Primajiro Utomo selaku supervisor pada pembuatan tempat tidur, dan Pak Miswan selaku Executive Chef pada acara makan siang.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dipandu langsung oleh Pak Paminta Nugraha. Dilanjutkan dengan pembacaan CV beliau sendiri lalu penyampaian materi mengenai table manner, seperti pentingnya pelatihan table manner, keuntungan mengikuti pelatihan tersebut, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan selama mengikuti jamuan makan, dan pengetahuan dasar mengenai alat makan yang harus digunakan. Acara selanjutnya yaitu demonstrasi pembuatan ice coffe oleh Bu Qory Chayaningrum. Bu Qory menjelaskan sekaligus mempraktekkan cara pembuatan serta bahan yang digunakan pada minuman ice coffee, yaitu ice coffe cincau dan tutti frutti coffe. Kemudian kedua minuman tersebut disajikan untuk kedua dosen pendamping yang hadir. Acara selanjutnya demonstrasi pembuatan tempat tidur oleh Pak Primajiro Utomo. Pak Prima menjelaskan sekaligus mempraktekkan cara memasang sprei, selimut, dan penataan bantal serta guling pada tempat tidur agar terlihat rapi.

Selanjutnya adalah jamuan makan siang dengan menghidangkan western set menu yang dipandu oleh Pak Miswan. Dalam jamuan makan siang ini dimulai dengan masuknya petugas untuk membukakan serbet dan diletakkan pada pangkuan peserta yang hadir, lalu peserta diberikan welcome bread, yaitu berupa roti dan mentega untuk disantap setiap kali menunggu hidangan datang. Kemudian disajikan secara berturut-turut hidangan pembuka, sup, hidangan utama, hidangan penutup, dan minuman panas. Pergantian penyajian hidangan dilakukan setiap kali peserta menyelesaikan hidangan sebelumnya. Pada hidangan pembuka disajikan futti tutti salad atau salad buah, sup disajikan fisherman soup atau sup ikan, hidangan utama disajikan American grilled golden chicken steak, hidangan penutup disajikan fantastic chocolate pudding, dan minuman panas disajikan dua minuman yang bisa dipilih, yaitu teh atau kopi.

Setiap akhir sesi selalu dibuka sesi tanya jawab baik pertanyaan yang datang dari peserta atau justru diberikan oleh masing-masing pelatih. Bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan pelatih akan diberikan voucher gratis untuk fasilitas yang terdapat di Aston Imperium Hotel Purwokerto berupa paket buka puasa di Imperium Restaurant atau tiket gratis berenang di Manglia Swimming Pool  atau undangan konser Kunto Aji di Cube Executive Karaoke & Bar.



Sebelum acara terakhir yaitu hotel tour, Pak Paminta memberikan motivasinya untuk kami para peserta  agar selau memiliki rencana ke depan dalam hidup untuk bisa menjadi orang sukses. Kemudian dilanjutkan dengan kesan dan pesan yang disampaikan oleh perwakilan peserta dan dosen pendamping. Selanjutnya adalah pemberian sertifikat yang juga dilakukan oleh perwakilan peserta dan dosen pendamping dan ditutup dengan sesi foto bersama serta pemberian souvenir kepada para peserta table manner. Acara paling terakhir yaitu hotel tour dipandu oleh Mba Tyas Kusuma selaku sales yang mengurus langsung kerja sama table manner ini dan salah satu resepsionis yang sekaligus mengantarkan kepulangan para peserta. Selama hotel tour, peserta diperlihatkan beberapa fasilitas yang terdapat di Aston Imperium Hotel Purwokerto pada lantai 1 hingga lantai 12, diantaranya terdapat ruang pertemuan, kamar penginapan, fasilitas khusus seperti ruang spa, gym, dan kolam renang dan yang paling utama peserta diberikan kesempatan untuk masuk ke dalam dapur masak yang digunakan di Aston.



Kegiatan ini terlaksana dengan lancar tanpa kendala berarti. Sehubungan dengan ini merupakan kali pertama diadakannya pelatihan Table Manner di Ilmu Gizi Unsoed, harapannya kegiatan ini dapat dilakukan kembali di tahun selanjutnya dan ilmu atau pengalaman yang dibagikan dari para trainer dapat menambah pengetahuan peserta.

Komentar