PRESS RELEASE : PUBLIC ASPIRATION


Purwokerto – 25 April 2019, telah dilaksanakan Public Aspiration sebagai salah satu program kerja dari divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa HMPSIG. Public Aspiration merupakan wadah bertukar aspirasi antara dosen, mahasiswa, maupun civitas akademika mengenai masalah penting yang berkaitan dengan akademik, fasilitas, ataupun kebijakan. Masalah tersebut kemudian didiskusikan dalam forum guna mencapai solusi.
Kegiatan Public Aspiration dilaksanakan pada Kamis, 25 April 2019 di ruang C201 kampus ilmu gizi Unsoed. Kegiatan ini dihadiri oleh 3 dosen dan 16 mahasiswa dari angkatan 2015, 2017, dan 2018. Kegiatan berlangsung dengan diskusi 3 termin, termin pertama dan kedua merupakan penyampaian aspirasi mahasiswa, sedangkan pada termin ketiga merupakan penyampaian aspirasi dosen.
Beberapa aspirasi yang disampaikan mahasiswa serta diskusinya antara lain:
1)      Penambahan kuota mahasiswa baru program studi ilmu gizi Unsoed, padahal fasilitas dan ruangannya masih belum cukup memadai.
Dilihat dari banyaknya peminat program studi ilmu gizi Unsoed serta sebagai prodi dengan keketatan masuk yang tinggi menjadi salah satu pertimbangan Dekan untuk menambah kuota mahasiswa baru ilmu gizi dan kita patut berbangga. Mengenai ruangan, kemungkinan akan diberlakukan sharing facility dan pengkoordinasian ruangan oleh bapendik.
2)      Pengembalian lembar jawab Ujian
Pengembalian lembar jawab ujian juga masih pro dan kontra di kalangan dosen, karena lembar jawab tersebut sifatnya rahasia, hanya boleh diketahui dosen dan mahasiswa terkait saja. Sehingga jika ingin mengetahui hasil ujiannya, mahasiswa dapat langsung bertanya sendiri atau menemui dosen mata kuliah, sedangkan mengenai pengembalian lembar jawab tergantung kebijakan dari dosen terkait.
Tambahan, mungkin mulai tahun ajaran ini atau tahun depan, semua dosen diwajibkan untuk menggunakan eldiru (kuis online), sehingga dosen tidak lagi merekap nilai mahasiswa secara manual.
3)      Prosentase nilai berbeda saat kontrak pembelajaran dengan di SIA
Seharusnya prosentase nilai yang disepakati saat kontrak pembelajaran tidak boleh diubah. Apabila terdapat oknum dosen yang mengubah prosentase nilai dan mahasiswa merasa dirugikan, hal tersebut dapat dilaporkan kepada kaprodi.
4)      Pelibatan mahasiswa dalam kegiatan dosen selain penelitian dan pengabdian seperti universitas lain
Pada saat ini mungkin belum sampai pada tahap tersebut, Saat ini baru diinisiasi untuk melangkah ke tahap itu.
5)      Peniadaan dana untuk print modul praktikum
Hal tersebut merupakan kebijakan dari fakultas, dan berlaku untuk semua prodi/jurusan di fikes.
6)      Alasan UTS tidak terjadwalkan lagi
Ini berkaitan dengan tutup buku pada bulan Desember, padahal UAS masih berlangsung pada bulan januari sehingga tidak ada sinkronisasi pelaksanaan dan pertanggungjawaban (laporan keuangan). Oleh karena itu UTS diputuskan tidak terjadwal.
Kedepannya ini akan dilaksanakan seluruh fakultas di Unsoed, sampai ada kebijakan baru dari rektor.
Dengan tidak adanya UTS, tim teaching dari dosen diharapkan menyamaratakan sistem. Jadi, mahasiswa dapat mudah beradaptasi dan proses penyesuaian. Aspirasi ini akan disampaikan di forum dosen.
7)      Perbaikan nilai UTS/UAS
Sejauh ini tidak ada. Apalagi dengan sistem yang baru, nanti akan langsung di upload di dikti, itu akan lebih sulit lagi untuk merubah. Mungkin bisa di negosiasi dengan dosen untuk meminta perbaikan jika memang merasa tidak bisa, sebelum nilai di upload di SIA.
Sedangkan dosen mempunyai harapan pada mahasiswa untuk meningkatkan prestasi baik dari  IPK maupun pembuatan PKM. Selain itu, dosen juga mengharapkan mahasiswa untuk mulai aktif mengikuti lomba karya ilmiah. Mahasiswa dapat berbincang dengan dosen terkait ide-idenya. Harapannya akan sedikit demi sedikit memangkas jarak dosen dan mahasiswa untuk bisa berproses bersama. Dosen menghimbau agar mahasiswa mengembangkan diri dan lebih banyak membuka referensi.
Dengan adanya public Aspiration ini, diharapkan tercapainya solusi dari masalah yang terjadi demi kesejahteraan bersama di Ilmu Gizi Unsoed. Selain itu, adanya public Aspiration juga diharapkan dapat memperkuat hubungan antara  dosen dan mahasiswa agar saling toleransi dan sinergis.


Komentar