PRESS RELEASE : FORUM DISKUSI I


Press Release : Forum Diskusi I

Purwokerto – Kamis, 16 Mei 2019 telah dilaksanakan kegiatan Forum Diskusi I yang merupakan salah satu Agenda Kultural Devisi Adkesma HMPSIG. Dalam kegiatan ini, membahas mengenai salah satu diet yang sangat populer yaitu diet OCD. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 16.00 – 18.00 WIB yang bertempat di ruang C.202 llmu Gizi Unsoed. Jumlah peserta yang hadir adalah 19 orang yang terdiri dari mahasiswa 2017 dan 2018. Dan pemateri yang mengisi acara ini adalah Bu Yovita Puri Subardjo, S.Gz., MPH, RD.
Kegiatan ini diawali dengan pengenalan forum diskusi dan bagaimana sistem forum diskusi ini. Lalu peserta diberikan pengenalan terlebih dahulu mengenai diet OCD, metode dietnya, dan juga testimoni mengenai diet ini yang dilakukan dengan pemutaran video. Diakhir video terdapat 3 pertanyaan mengenai diet OCD, yaitu 1. Apakah diet OCD efektif menurunkan berat badan, 2. Apakah diet OCD menyehatkan tubuh, dan 3. Bagaimana diet OCD dari perspektif awam dan gizi.Setelah itu, peserta dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok pro dan kontra. Kedua kelompok mengemukakan argumen masing-masing jawaban masing-masing mengenai diet ini. Dan terjadilah diskusi dalam kegiatan ini. Setelah diskusi berlangsung selama 30 menit, diakhir acara bu Puri memberikan closing statement mengenai kebenaran diet OCD ini.
Kesimpulan dari diskusi ini adalah, bahwa diet OCD ini kurang baik untuk diterapkan karena metode diet ini merupakan jendela makan, yaitu kalian boleh memakan apa saja yang kalian mau pada jam yang telah ditentukan, selain di jam yang telah ditentukan kalian harus berpuasa. Saat sedang berpuasa, kalian tetapi bisa minum, tetap minum minuman yang tidak berkalori. Dan juga dalam diet ini, dilarang untuk sarapan, karena darapan dapat menganggu menghambat pembakaran kalori. Dalam segi gizi, hal ini tidak baik, karena ini akan berdampak lanjut pada masalah metabolisme dalam tubuh. Diet ini memang dapat membuat seseorang menjadi kurus, tetapi hal ini dikarena oleh puasa, bukan karena mengatur pola makan. Dan apabila diet OCD ini diterapkan dalam jangka waktu yang lama akan mengkibatkan gangguan metabolisme.

Komentar