PRESS RELEASE : CONSEN 2018



HMPSIG Unsoed telah melaksanakan kegiatan Competition and National Seminar on Nutrition (CONSEN) 2018 di Dominic Hotel (14/10/2018) dengan tema “Nutrition and Phsycal Activities for Diabetes Management”. CONSEN 2018 merupakan gabungan program kerja 2 divisi HMPSIG Unsoed, yaitu Ilmiah Pustaka Inovatif (IPI) dan Minat & Bakat (MIKAT) dimana program kerja tersebut adalah Seminar Nasional Gizi Soedirman dan Nutritional Competition (NUTRICOM). NUTRICOM memiliki 3 ajang yang diperlombakan, yaitu video cooking competition, poster, dan karya tulis ilmiah. Acara seminar nasional gizi mendapatkan sertifikat 1 SKP DPP PERSAGI dan diikuti oleh 170 peserta yang terdiri dari mahasiswa Ilmu Gizi dari beberapa daerah di Indonesia dan tenaga kesehatan khususnya di bidang gizi, sedangkan NUTRICOM diikuti oleh 19 peserta dari 12 universitas di Indonesia.


Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang metabolisme dan perubahan fisiologis  respon pada penyakit DM tipe 2, meningkatkan pengetahuan pentingnya konsumsi makanan bergizi seimbang dan pengaruhnya terhadap pencegahan dan penanggulangan penyakit DM tipe 2, meningkatkan pengetahuan tentang strategi preventif terkait penyakit DM tipe 2 yang efektif, menerapkan prinsip gizi seimbang, serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kegiatan ini berbentuk talkshow dengan mengundang 3 pembicara bertaraf nasional, yaitu :
1.      Triyani Kresnawan, DCN, M.Kes., RD
“Managemen Asuhan Gizi untuk Pasien Diabetes & Nefropati Diabetes”
Dietisien Instalasi Gizi RSCM Jakarta
2.      Dr. Ir. Hery Winarsi, MS
“Pemanfaatan Pangan Alternatif dalam Mencegah & Menanggulangi Diabetes”
Dosen Gizi Unsoed dan Peneliti Senior dalam Bidang Gizi
3.      Mury Kuswari, S.Pd., M.Si
“Managemen Aktivitas Fisik untuk Penderita Diabetes”
Founder Gizi Kebugaran dan Ketua ANOKI
Acara CONSEN 2018 diakhiri dengan foto bersama pemenang NUTRICOM dan Pembicara CONSEN 2018 beserta ketua pelaksana dan ketua HMPSIG Unsoed. Acara berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun. Semoga acara ini menghasilkan manfaat yang besar diantaranya masyarakat menjadi lebih aware terhadap diabetes.

Komentar