PRESS RELEASE: INTERNSHIP DIETETIK


Purwokerto-23-28 Juli 2018, Telah dilaksanakan salah satu agenda kultural dari divisi KESMA HMPSIG yaitu Internship Dietetik yang dilaksanakan selama 6 hari  di tiga Puskesmas yaitu Puskesmas Purwokerto Timur II, Puskesmas Purwokerto Utara 1 dan Puskesmas Purwokerto Utara 2. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Ilmu Gizi UNSOED angkatan 2016 yang berjumlah 9 orang. Masing-masing Puskesmas diisi oleh 3 orang peserta.
Dalam kegiatan ini, peserta membantu ahli gizi yang berada di Puskesmas yang ditempati. Disana mereka dapat mengetahui peran seorang ahli gizi di Puskesmas, cara melakukan konseling dengan baik, serta melakukan kegiatan lain seperti penyuluhan, input data, serta survey konsumsi. Secara spesifik, pada masing-masing puskesmas dilakukan kegiatan sebagai berikut.
Kegiatan yang dilaksanakan di Puskesmas Purwokerto Timur II meliputi input data EPPGBM, penyuluhan Vitamin A pada kader posyandu, penyuluhan gizi seimbang pada lansia, PKG (Penilaian Konsumsi Gizi) dengan metode Recall 24 jam, serta perbaikan ruang laktasi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Puskesmas Purwokerto Utara 1 meliputi pendataan KS ke rumah warga, input data EPPGBM dan KS, serta penyuluhan pada lansia, ibu hamil dan ibu balita.
Kegiatan yang dilaksanakan di Puskesmas Purwokerto Utara 2 meliputi survey kepuasan pelanggan, input data EPPGBM, penyuluhan anemia pada WUS, membantu berjlannya kegiatan imunisasi di posyandu, serta PKG (Penilaian Konsumsi Gizi) dengan metode Recall 24 jam.
Kegiatan ini terlaksana dengan lancar, sampai hari terakhir. Semoga ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat bagi peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

Komentar