PRESS RELEASE : PENSIL "Improve Ur Writing Skill to Reach Ur Dream"






Purwokerto-Jumat,11 Mei 2018 telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Kepenulisan Ilmiah dengan mengusung tema Improve Ur Writing Skill to Reach Ur Dream, yang membahas tentang LKTI, esai, dan PKM. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 16.30 – 18.20 di ruang C 203 Gedung Ilmu Gizi Fakultas Ilmu – ilmu Kesehatan. Jumlah peserta yang datang sebanyak 51 orang, terdiri dari pelajar SMA/sederajat, dan mahasiswa angkatan 2016 – 2017 dari beberapa fakultas di UNSOED. Pelatihan Kepenulisan Ilmiah ini diisi oleh 2 orang pemateri dari UKMPR yaitu Alif Yudha Syahputra sebagai pembicara pada materi LKTI dan esai, dan Rizki Nur Viana yang memaparkan mengenai PKM, serta terdapat seorang guest star yaitu Annisa Inas Ariyanti pemenang Lomba Esai Nasional INQU-ID.
Kegiatan diawali dengan pembukaan acara oleh MC, lalu dibuka oleh Ketua Program Studi Ilmu Gizi, dilanjutkan dengan pembukaan oleh ketua  HMPSIG, dan ketua pelaksana.


Acara selanjutnya pembacaan CV moderator, lalu moderator membacakan CV ketiga pemateri karena kegiatan ini menggunakan sistem panel, dimana semua pemateri melakukan pemaparan dalam satu sesi secara berurutan.  Pemaparan pertama disampaikan oleh Annisa Inas Ariyanti tentang bagaimana pengalamannya dan apa saja yang dapat membuat ia berhasil menjadi pemenang dalam lomba esai nasional. Selanjutnya, sesi pemaparan diisi oleh Alif Yudha Syahputra yang membahas tentang konsep dasar LKTI dan esai, bagaimana cara – cara dalam pembuatannya, dan memotivasi peserta agar berminat dalam membuat karya tulis yang menarik. Kemudian pembicara yang ketiga yakni Rizki Nur Viana, yang memaparkan tentang pengenalan terhadap PKM dan memberikan sekilas ide yang menarik untuk ditindaklanjuti oleh peserta.


Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar, terlihat dari  peserta yang antusias dalam mengikuti setiap tahapan acara dan mereka pun kritis terhadap materi yang telah dipaparkan. Mereka dengan cepat memberikan respon berupa pertanyaan kepada pembicara tanpa mengulur waktu. Setelah sesi Q & A terlaksana, dilanjutkan dengan sesi pembacaan kesimpulan oleh moderator. Selanjutnya yaitu penyerahan sertifikat dan kenang – kenangan kepada pembicara dan moderator yang diserahkan oleh ketua pelaksana. Sesi selanjutnya yaitu foto bersama dan penutupan oleh MC.


Harapannya setelah diadakannya kegiatan Pelatihan Kepenulisan Ilmiah ini, peserta dapat meningkatkan kreativitasnya dalam bentuk karya tulis yang dapat menambah pengetahuan terkait dengan bidang keilmuan yang dipelajari.

Komentar