PRESS RELEASE : LKMM-TD “Membentuk Mahasiswa Berkarakter, Berjiwa Kepemimpinan dan Berdaya Saing”




Purwokerto, 5-6 Mei 2018, Himpunan Mahasiswa Program Mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi (HMPSIG) FIKes Unsoed 2018 telah melaksanakan kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajerial Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMMTD)  rangka memberikan pedoman dasar tentang organisasi dan dinamika kehidupan kampus mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi Unsoed. LKMMTD tahun ini bertemakan “Membentuk Mahasiswa Berkarakter, Berjiwa Kepemimpinan dan Berdaya Saing”. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari di Ruang C.203 dan C.202 Kampus Ilmu Gizi, FIKes Unsoed. Kegiatan ini diikuti oleh 44 orang peserta yan terdiri dari 38 mahasiswa Ilmu Gizi, 3 orang mahasiswa PJKR, dan 3 orang mahasiswa Keperawatan. Kegiatan ini diisi oleh seorang trainer pelatihan kepemimpinan berstandar nasional, yaitu Dr. Slamet Santoso, SP., M.Si.





Pada hari pertama, Jumat, 5 Mei 2018, peserta mendapatkan materi berupa pengembangan wawasan terkait BIMGI dan ILMAGI. Selanjutnya, peserta dibimbing secara langsung oleh trainer terkait materi kepemimpinan dan manajerial mahasiswa, berupa dasar-dasar komunikasi, eksperimen pengorganisasian kepanitiaan, administrasi kesekretariatan dan keuangan serta praktek administrasi kesekretariatan dan keuangan. Kemudian, pada hari kedua, Sabtu, 6 Mei 2018, peserta diberikan materi tentang eksperimen pengambilan keputusan, eksperimen konflik, serta eksperimen kerjasama dan sama-sama kerja.



Peserta secara aktif diajak untuk memraktikkan secara langsung terkait materi yang diberikan, di antaranya praktik administrasi dan kesekretariatan dengan membuat surat secara langsung. Selain itu, diadakan pula eksperimen berupa teknik pengambilan keputusan serta manajemen konflik melalui beberapa kegiatan diskusi dan permainan sehingga peserta dapat lebih memahami dan berpartisipasi langsung. Di sela- sela materi, diadakan pula kegiatan ice breaking agar peserta tetap tidak merasa jenuh dan pasif selama kegiatan.

Di akhir kegiatan, dilakukan pemberian kenang-kenangan kepada pembicara serta penghargaan kepada peserta yang semangat dan aktif selama acara berlangsung. Secara keseluruhan, peserta mengikuti acara dengan penuh antusias dan aktif. Serangkaian kegiatan juga berjalan sesuai dengan rencana dan jadwal yang sudah direncanakan tanpa kendala yang berarti. Harapannya setelah diadakannya kegiatan LKMMTD ini dapat menjadikan mahasiswa yang berjiwa kepemimpinan, berkarakter dan berdaya saing dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar