PRESS RELEASE : FORUM DISKUSI #1 "Student Loan"


Purwokerto--Selasa, 3 April 2018 telah dilaksanakan Forum Diskusi 1 dengan mengangkat tema "Student Loan". Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 16.30-18.00 di ruang C 203 Gedung Ilmu Gizi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan. Jumlah forum yang datang sebanyak 24 orang, terdiri dari angkatan 2015-2017. Pada Forum Diskusi kali ini diisi oleh seorang pemateri spesial yaitu Bu Afina Rachma Sulistyaning, S.Gz., M.Sc.

Kegiatan diawali dengan pembukaan acara oleh MC, kemudian materi, hingga sesi diskusi yang mengarah pada debat. Forum dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok Pro dan Kontra.
Kasus yang diberikan adalah
sebagai berikut :
1)      Seberapa pentingkah Student Loan diadakan di Indonesia?
2)      Bagaimana menurut anda jika ada mahasiswa yang sudah mendapat beasiswa tetapi mengambil Student Loan juga?
3)      Bagaimana peraturan Student Loan?

Kegiatan ini berjalan lancar dan semakin memanas hingga akhir sesi diskusi. Para peserta forum aktif dalam menyampaikan pendapat dan sanggahan-sanggahannya secara kritis. Dari kelompok berpendapat bahwa dengan adanya Student Loan ini dapat meningkatkan perekonomian Indonesia jika berkaca dari USA, dengan adanya Student Loan membentuk mahasiswa menjadi lebih mandiri, dan dapat menurunkan sifat konsumtif masyarakat, sedangkan kelompok kontra berpendapat bahwa Student Loan untuk sekarang ini masih belum bisa di terapkan di indonesia, mereka berpendapat bahwa beasiswa adalah program lebih cocok untuk diterapkan di Indonesia, serta berkaca dari  pengalaman Indonesia pada tahun 1980 persentase pengembalian dana hanya  5% sehingga ditakutkan akan meningkatkan hutang.

Setelah berdiskusi, kegiatan ini ditutup dengan pemberian kesimpulan oleh Bu Afina Rachma Sulistyaning, S.Gz., M.Sc. dan pemberian bingkisan dari ketua pelaksana.Kesimpulan yang diperoleh adalah baik dari pendapat kelompok pro maupun kontra tidak ada yang salah, pendapat dari kedua kubu sudah benar. Hanya saja di Indonesia apabila memang benar nantinya akan dilaksanakan Student Loan, maka bagi mahasiswa yang merasa butuh dana lebih untuk mencukupi dana perkuliahan ataupun biaya hidup selama menempuh perkuliahan dapat mengambil kesempatan ini, namun bukan berarti karna sudah tercukupi dana pendidikan tidak menjadikan mahasiswa menjadi malas tetapi harus tetap rajin belajar dan berusaha untuk meraih beasiswa.

Komentar