PRESS RELEASE : DONOR DARAH "GIVE BLOOD, SAVE LIFE"



DONOR DARAH “GIVE BLOOD, SAVE LIFE

Purwokerto, 8 Maret 2018 – Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi (HMPSIG) FIkes Unsoed bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Banyumas mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2018 mulai pukul 09.00 sampai 13.00 WIB yang bertempat di Pendopo Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unsoed.





Donor darah kali ini mengambil tema “give blood, save life” yang artinya sendiri adalah dengan mendonorkan darah, kita dapat menyelamatkan hidup seseorang. Kegiatan donor darah merupakan wujud kepedulian terhadap sesama. Donor darah tidak hanya bermanfaat untuk orang yang membutuhkan transfusi darah, donor darah juga sangat bermanfaat bagi pendonor, yaitu bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, dan untuk mendeteksi penyakit serius.

Untuk dapat mendonorkan darah, peserta harus melalui beberapa prosedur. Prosedur pertama yang harus dilakukan ialah peserta melakukan registrasi dan mengisi kuesioner. Kedua, peserta melakukan pengecekan berat badan, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Apabila peserta tidak memenuhi kriteria tersebut, peserta tidak dapat mendonorkan darahnya. Selanjutnya, apabila peserta lolos dari kriteria maka peserta diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya. Adapun jumlah peserta yang mendaftar untuk donor darah pada kegiatan HMPSIG FIkes Unsoed ini ada 135 orang dengan rincian 69 orang berhasil mendonorkan darahnya dan 66 orang belum dapat mendonorkan darahnya yang sebagian besar disebabkan tekanan darah dan kadar hemoglobin kurang memenuhi kriteria sehingga dikhawatirkan bila dipaksakan akan berbahaya bagi peserta. Secara keseluruhan, kegiatan donor darah kali ini berjalan lancar. Terimakasih untuk kalian yang pada kesempatan ini dapat menyumbangkan darahnya.





Komentar