Super Mengkudu

Kenapa saya menamakan artikel ini “Super Mengkudu” ? tentunya buah yang memiliki buah berwarna putih keruh berbentuk bulat sampai bulat telur, permukaannya benjol-benjol , berbiji banyak, daging buah yang banyak mengandung air dan rasanya agak masam sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia namun apa kalian sudah tahu kekuatan super yang dimiliki buah satu ini ? .

Mengkudu ternyata memiliki banyak manfaat diantaranya dapat dimanfaatkan sebagai obat peluruh kencing dan dapat menurunan tekanan darah tinggi, daunnya digunakan sebagai obat sakit perut, akar daun kulit batangnya mengandung zat warna merah yang dipakai dalam pembuatan kain batik.Oleh karena itu, mengkudu telah diakui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai tanaman obat. Khasiat bauh mengkudu ternyata sudah dikenal sejak jaman nenek moyang. 

Dalam cerita pewayangan “Larasati Belajar Memanah” dikisahkan bahwa seorang ksatria (Udawa) yang lemas kehabisan tenaga saat perang tanding melawan Arjuna. Oleh Raden Noroyono (Prabu Kresna) disarankan untuk meminum air perasan buah mengkudu guna megembalikan kekuatannya. Penelitian Ilmiah terhadap tanaman mengkudu telah dilakukan pada tahun 1980-an sampai sekarang. Dr. Ralph Heinicke mendata tidak kurang ada 7 zat berkhasiat bagi kesehatan yang terdapat di dalam buah mengkudu, antara lain :

  1. Antraquinono, memiliki sifat antibakteri. 
  2. Asam Askorbat, sumber vitamin C dalam konsentrasi tinggi dan berfungsi sebagai antioksidan. 
  3. Scopoletin, bermanfaat memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan sekaligus memperlancar peredaran darah. 
  4. Damnachantal, zat antikanker yang mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam darah 
  5. Xeronine, mampu mengaktifkan enzim-enzim dan mengatur fungsi protein di dalam sel, sehingga mencegah protein-protein bersifat abnormal. 
  6. Proxeronine, zat pembentuk xeronine yang diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang aktif struktur. 
  7. Serotonine, zat yang mampu mengatasi stres, depresi, memperbaiki metabolisme, migrain, menenangkan perasaan dan menghilangkan ketergantungan akan obat-obatan. 
Hasil survey oleh para ahli nutrisi terkemuka di Amerika Serikat, Neil Solomon,M.D,Ph.D, pada tahun 1997-1998, 40 orang dokter ahli dan lebih 8000 pasien pengguna sari buah mengkudu menunjukan tingkat keberhasilan 78% untuk mengobati darah tinggi, rasa nyeri, kanker, gangguan ginjal, kolesterol, depresi, asam urat, kelemahan seksual, stroke,stres, dan diabetes. Selain itu perlu diketahui bahwa informasi khasiat mengkudu telah dipatenkan Internasional: 
  1. Sebagai anti infeksi (bakteri Helicobacter pylori) 
  2. Sebagai anti infeksi virus HIV oleh Koyano T.et al 
  3. Sebagai antikanker oleh Umezawa K.et al 
Penggunaan buah mengkudu sebagai tanaman obat, dalam pengobatan tradisional relatif aman. Hal ini sesuai dengan teori SEES (Side Effect Eliminating Subtances), maksudnya adalah di dalam suatu tanaman obat terdapat senyawa yang efeknya bagi manusia bisa positif dan negatif. Efek itu bisa saling menetralkan, jadi kelemahan efek negatif yang tergantung dalam suatu tanaman obat ternyata bisa diatasi oleh efek positif yang dimiliki tanaman obat lain atau tanaman obat itu sendiri (penetral alami). 

 DIVISI RISET DAN TEKNOLOGI HMPSIG

Komentar