Press Release Forum Diskusi


Purwokerto – Kamis, 12 November 2020 telah dilaksanakan kegiatan Forum Diskusi yang merupakan salah satu Program Kerja Divisi Kastrat HMPSIG. Dalam kegiatan ini, membahas mengenai salah satu diet dengan tema “Diet Vegetarian”. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 15.30 hingga pukul 17.30 WIB dengan menggunakan media video conference yaitu Google Meet dan WhatsApp Group. Jumlah peserta yang hadir adalah 25 orang yang terdiri dari mahasiswa 2018, 2019, dan 2020. Pemateri yang mengisi acara ini adalah Ibu Farida, S.Gz., MPH.

Kegiatan ini diawali dengan pengenalan forum diskusi  dan diet vegetarian yang disampaikan menggunakan media power point. Setelah itu, peserta yang sudah mendaftar dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok pro dan kontra. Lalu peserta setiap kelompok di fasilitasi untuk diskusi menggunakan WA Group.  Acara diawali dengan pemberian materi mengenai diet vegetarian menggunakan video dan power point. Selanjutnya, pelaksanaan diskusi yang dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama pertanyaan yang dibahas adalah “Benarkah seseorang yang menerapkan Diet Vegan akan lebih sehat?”. Peserta berdiskusi selama 10 menit melalui WA group. Setelah waktu berdiskusi selesai, dilanjutkan dengan pemaparan argumen melalui Google Meet dari kedua kelompok selama 10 menit. Sesi kedua pertanyaan yang dibahas adalah  “Bisakah manusia tetap hidup sehat tanpa mengonsumsi protein hewani? Lalu apa dampak yang akan ditimbulkan?” Setelah seluruh rangkaian diskusi dan pemaparan argumen selesai, Bu Farida memberikan closing statement dan penjelasan mengenai diet vegetarian.

Kesimpulan dari diskusi ini bahwa diet vegan diperbolehkan, namun dengan alasan tertentu. Jika karena keyakinan dan penyakit, tentu manusia bisa hidup sehat meskipun tidak mengonsumsi pangan dari hewani. Namun, bagi wanita usia subur, wanita hamil, menyusui, anak kecil, dan bayi tidak disarankan untuk diet vegan. Karena akan sangat sulit untuk bisa mencapai kecukupan gizi bila melakukan pola diet vegan. Kita tetap bisa sehat apabila tidak mengonsumsi pangan dari hewani dengan cara memaksimalkan konsumsi makanan nabati, atau dengan suplemen, juga makanan yang dikonsumsi pun harus beragam, sehingga asupan nutrisinya juga beragam. Namun lebih baik tidak melaksanakan diet vegan, karena mengonsumsi makanan secara proporsional sesuai dengan PUGS, akan membuat kita menjadi sehat. 

Komentar